Sabtu, 14 November 2009

Beautiful one "TAYLOR SWIFT"




Taylor Alison Swift (lahir 13 Desember 1989; umur 19 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Dia merilis lagu pertamanya yang berjudul Tim McGraw. Dilahirkan di Wyomissing, Pennsylvania. Dia berkarir di dunia musik sejak tahun 2006.

Melalui Billboard, Swift adalah figur artis pada tahun 2007-2008-2009 dengan penjualan album terbaik, terbesar, terlaris, dan tercepat. kedua albumnya, Taylor Swift dan Fearless, mendapatkan masing-masing sertifikat 5x Platinum di US, mengalahkan sederet artis-artis lainnya, sebut saja Alicia Keys atau Mariah Carey. Taylor Swift adalah album pertamanya yang berhasil mendapatkan sertifikat multi-platinum di US, namun hanya berhasil mencapai posisi 5 di tangga Billboard 200. Namun, album ini berhasil (secara fantastis) merajai tangga Billboard Country Album selama 40 minggu tidak berurutan, dari 2006-2007-2008. Album keduanya, Fearless berhasil merajai tangga Billboard 200 selama 12 minggu, dimana itu adalah minggu terlama untuk seorang artis pada dekade 2000-an, dan hanya disaingi oleh Santana dengan albumnya Supernatural yang menduduki posisi puncak selama 10 minggu. Fearless pun berhasil (secara fantastis lagi) merajai tangga Billboard Country Album selama 26 minggu, termasuk minggu ini.

Perilisan Platinum Edition dari album keduanya, Fearless, membuat album tersebut angka penjualannya kembali meroket, dan membuat Swift kembali mendapatkan 3 rekor sekaligus di Billboard, yaitu "Most-Breakthrough-Albums" yaitu album pertama yang berhasil kembali ke posisi 1 di Billboard 200 setelah kurang lebih 10 bulan, "Female Artist of Decade" yaitu karena ia berhasil memasukkan 9 singel sekaligus kedalam Billboard Hot 100 hanya berdasarkan download, mematahkan rekornya sendiri sebelumnya yang ia pegang bersama Miley Cyrus, yaitu 7. Dan juga "Most Top 40 Hits of Decade", mengalahkan superstar Beyonce. Sebelumnya, Swift hanya mempunyai koleksi 13 lagu di Top 40, namun seminggu setelah perilisan Fearless - Platinum Edition, Swift langsung mempunyai 19 lagu di Top 40, dimana keenam lagu baru di album tersebut semuanya langsung menjadi hits, dan otomatis, ia langsung mengalahkan Beyonce dengan 18 hitsnya. Prestasi-prestasi ini, tidak ada yang pernah mendapatkannya di album-album awal seperti Swift, tidak ada satupun.

Lagu-lagunya pun menjadi hits, 6 dari lagunya berhasil merajai tangga Billboard Hot Country Songs, yaitu "Teardrops On My Guitar", "Our Song", "Picture To Burn", "Should've Said No", "Love Story", dan "You Belong With Me". Minggu kemarin, selepas perilisan Fearless - Platinum Edition, Swift kembali menambah koleksinya yaitu 6 singel tambahan di Top 40, membuatnya mempunyai Top 40 terbanyak yang tidak pernah diraih oleh artist lain. Selain itu, di Billboard Hot 100 pun Swift tidak ketinggalan, dari dua albumnya dia sudah mendapatkan 19 lagu di posisi Top 40.

0 komentar:

Posting Komentar